Minggu, 08 Desember 2013

E – COMMERCE



Adalah segala bentuk perdagangan barang atau jasa secara elektronik dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet.
Scara umun perdagangan di bagi dua, tradisional dan modern. Jika modern melakukan perdagangan melalui internet. Jika tradisional melalui pasar, disini ada beberapa kekurangan pasar trasdisional seperti: waktu yang lama melakukan transaksi, jarak yang jauh, jaringan pasar yang terbatas, serta teknologi development.
Tujuan dari diadakannya e-commerce adalah lebih mudah pada proses transaksi, membangun konsep bahwa pasar bukan sekedar  tempat jual beli dan sebagai pusat informasi, pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi, konsepsi, pelayanan konvensional dan virtual.
Dalam E-commerce terdapat 3 jenis tipe transaksi. Antara lain
1.      Business  to Consumer (B2C)
Pelanggan berhubungan langsung dengan produsen (tanpa perantara atau mengalami disintermediasi [penghapusan perantara antara produsen dan konsumen]).
2.      Business to Bussiness (B2B)
Pesertanya Produsen dengan produsen, biasanya terjadi pada perusahaan besar. Contoh : Alibaba, Manta, IndiaMart
3.      Consumer to Consumer (C2C)
Pesertanya individu, salah satu sebagai pembeli dan yang satu sebagai penjual. Contoh : ebay
Ada 3 komponen penting yang menunjang keberhasilan e – commerce, antara lain; Content, Commerce, dan  Community. Proses transaksi dari e- commerce adalah sebagai berikut :





            Sistem Pembayaran pada E – Commerce dibagi menjadi 5 macam, antara lain :
è Digital certification
untuk menverifikasi identitas pengirim atau web site pada halaman web.
è Certificate autority (CA)
pihak ketiga yang dipercaya yang mengeluarkan Digital certification.
è Secure Socket Layer (SSL)
untuk pengamanan data yang sensitif.
è Electronic cash
Uang yang tersimpan dan digunakan untuk pembayaran pada e – commerce.
è Electronic wallet
nilai yang disimpan komputerisasi yang menyimpan informasi kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan informasi alamat
Setiap sistem pemasaran pasti memiliki ancaman, ancaman dari e – commerce yang pertama adalah Penipuan, penipuan ini meliputi Phising (Pesa palsu), penipuan pelelangan online,  spam ( email yang dikirim tanpa pandang bulu), Phiramid schemes, investment froud, Stock scams. Yang kedua adalah invansi terhadap privasi konsumen, ini meliputi online profiling (merekan prilaku online pengguna web), Clickstream data (pengumpulan data berdasarkan situs web), Safe harbor principles (prinsip yang membahas isu – isu  data privasi e – commerce).
Kelebihan E - commerce
Kekurangan E – commerce
Menurunkan biaya operasional
Membutuhkan keahlian komputer
Meningkatkan pangsa pasar
Biaya untuk akses internet
Melebarkan jangkauan pemasaran
Resiko Kebocoran data
Mengurangi penggunaan waktu
Kerugian finansial karena penipuan
Meningkatkan layanan
Kehilangan kesempatan bisnis
Fleksinbelitas
Meragukan



Tidak ada komentar: