Adalah
segala bentuk perdagangan barang atau jasa secara elektronik dengan menggunakan
jaringan komputer, seperti internet.
Scara
umun perdagangan di bagi dua, tradisional dan modern. Jika modern melakukan
perdagangan melalui internet. Jika tradisional melalui pasar, disini ada
beberapa kekurangan pasar trasdisional seperti: waktu yang lama melakukan
transaksi, jarak yang jauh, jaringan pasar yang terbatas, serta teknologi development.
Tujuan
dari diadakannya e-commerce adalah lebih mudah pada proses transaksi, membangun
konsep bahwa pasar bukan sekedar tempat
jual beli dan sebagai pusat informasi, pengelolaan yang berorientasi pada
pelayanan, kombinasi, konsepsi, pelayanan konvensional dan virtual.
Dalam
E-commerce terdapat 3 jenis tipe transaksi. Antara lain
1.
Business to Consumer (B2C)
Pelanggan
berhubungan langsung dengan produsen (tanpa perantara atau mengalami disintermediasi [penghapusan perantara
antara produsen dan konsumen]).
2.
Business
to Bussiness (B2B)
Pesertanya Produsen dengan produsen, biasanya terjadi pada perusahaan besar. Contoh : Alibaba, Manta, IndiaMart
Pesertanya Produsen dengan produsen, biasanya terjadi pada perusahaan besar. Contoh : Alibaba, Manta, IndiaMart
3.
Consumer
to Consumer (C2C)
Pesertanya individu, salah satu sebagai pembeli dan yang satu sebagai penjual. Contoh : ebay
Pesertanya individu, salah satu sebagai pembeli dan yang satu sebagai penjual. Contoh : ebay
Ada
3 komponen penting yang menunjang keberhasilan e – commerce, antara lain;
Content, Commerce, dan Community. Proses
transaksi dari e- commerce adalah sebagai berikut :
Sistem Pembayaran pada E – Commerce
dibagi menjadi 5 macam, antara lain :
è
Digital
certification
untuk menverifikasi identitas pengirim atau web site pada halaman web.
untuk menverifikasi identitas pengirim atau web site pada halaman web.
è
Certificate
autority (CA)
pihak ketiga yang dipercaya yang mengeluarkan Digital certification.
pihak ketiga yang dipercaya yang mengeluarkan Digital certification.
è
Secure
Socket Layer (SSL)
untuk pengamanan data yang sensitif.
untuk pengamanan data yang sensitif.
è
Electronic
cash
Uang yang tersimpan dan digunakan untuk pembayaran pada e – commerce.
Uang yang tersimpan dan digunakan untuk pembayaran pada e – commerce.
è
Electronic
wallet
nilai yang disimpan komputerisasi yang menyimpan informasi kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan informasi alamat
nilai yang disimpan komputerisasi yang menyimpan informasi kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan informasi alamat
Setiap
sistem pemasaran pasti memiliki ancaman, ancaman dari e – commerce yang pertama
adalah Penipuan, penipuan ini meliputi Phising
(Pesa palsu), penipuan pelelangan online,
spam
( email yang dikirim tanpa pandang bulu), Phiramid
schemes, investment froud, Stock
scams. Yang kedua adalah invansi terhadap privasi konsumen, ini meliputi online profiling (merekan prilaku online
pengguna web), Clickstream data
(pengumpulan data berdasarkan situs web), Safe
harbor principles (prinsip yang membahas isu – isu data privasi e – commerce).
Kelebihan E - commerce
|
Kekurangan E – commerce
|
Menurunkan biaya
operasional
|
Membutuhkan
keahlian komputer
|
Meningkatkan
pangsa pasar
|
Biaya untuk akses
internet
|
Melebarkan
jangkauan pemasaran
|
Resiko Kebocoran
data
|
Mengurangi penggunaan
waktu
|
Kerugian
finansial karena penipuan
|
Meningkatkan
layanan
|
Kehilangan
kesempatan bisnis
|
Fleksinbelitas
|
Meragukan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar