Kecerdasan menurut Winston dan
Pendergast adalah Kemampuan untul belajar, mengerti, menanggapi sesuatu yang
baru, serta memecahkan masalah. Sedangkan Kecerdasan Buatan (AI) dilihat dari
sudut pandang peneliti adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan
sesuatulebih baik dari manusia. Dilihat dari sudut pandang kecerdasan, yaitu
membuat mesin menjadi cerdas.
Kategori AI
Systems that think like
human
|
Systems that think
rationally
|
Systems that act like
humans
|
Systems that act rationally
|
Bagian utama dari AI adalah Basisi Pengetahuan (fakta,teori,
pemikiran, dan hubungan komponen satu dengan yang lain) dan Motor Inferensi (kemampuan menarik
kesimpulan). Konsep kecerdasan AI antara lain ; Turing test(pengujian kecerdasan), Pemrosesan Simbolik, Heuristic(strategi
proses pencarian), Inferensi
(penarikan kesimpulan), dan Pencocokan
pola.
Tujuan
dari kecerdasan buatan adalah membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang
kecerdasan,sehingga membuat mesin lebih
berguna.
Perbedaan kecerdasan buatan dan kecerdasan alami
Kecerdasan
buatan
|
Kecerdasan
alami
|
Bersifat permanen
|
Cepat mengalamai perubahan
|
Lebih mudah diduplikasi dan di transfer
|
Proses transfer membutuhkan proses yang lama.
|
Lebih murah
|
Lebih mahal
|
Konsisten
|
Sering berubah
|
Dapat didokumentasi
|
Sulit didokumentasi
|
Lebih cepat
|
Lebih lampat
|
Teliti
|
Kurang teliti
|
Sejarah AI dimulai dari jaman
batu ( 1943 – 1956) yang ditandai awal kerja JST serta ditemukannya teori
Logika. Awal antusias, harapan besar (1952 – 1969) munculnya pembelajaran tanpa
pengetahuan pembelajaan evolusional, serta pemodelan JST. Massa gelap ( 1966 –
1973) ditahun tahun ini, AI tidak mengalami perkembangan, penemuan tentang
pemprosesan bahasa natural dihentikan dan penelitian tentang JST juga
dihentikan. Renaissance (1969 – 1979) perubahan
pada paradigma penyelesaian (Dari penyelesaian masalah berbasis “searca
- based” menjadi penyelesaian masalah berbasis pengetahuan) dan
terciptanya sistem pakar pertama. Era Industrial (1980 – sekarang) Sukses
pertama Sistem Pakar secara komersial, Many AI companies, Eksplorasi dari
strategi pembelajaran yang bermacam - macam. Kembalinya neural networks (1986 –
sekarang) penggalian kemabali algorita
learning back propagation untuk neural networks yang pertama, dan terciptanya
aplikasi yang sukses dari neural networks, Serta macetbya knowledge
acquisition. Kematangan (1987 – sekarang) perubahan pada metodolagi penelitian
bidang kecerdasan biatan. Agent cerdas ( 1995 – sekarang) realisasi yang pada
mulanya dipisahkan dalam sub dari kecerdasan buatan.
Lingkup pakar pada AI ini adalah Sistem Pakar (dapat menyelesaikan
masalah), Pengolahan bahasa alami (user
dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari hari), Pengenalan ucapan (user dapat
berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara), robotika
dan sistem sensor, computer vision, intellegence
computer (Tutor untuk melatih dan mengajar) game playing.
Contoh dari kecerdasan buatan antara lain :
è
AI robot
è
Game
è
Fitur facebook
è
Twitter
è
Google PageRank
Tidak ada komentar:
Posting Komentar