Minggu, 08 Desember 2013

Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence)



Kecerdasan menurut Winston dan Pendergast adalah Kemampuan untul belajar, mengerti, menanggapi sesuatu yang baru, serta memecahkan masalah. Sedangkan Kecerdasan Buatan (AI) dilihat dari sudut pandang peneliti adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatulebih baik dari manusia. Dilihat dari sudut pandang kecerdasan, yaitu membuat mesin menjadi cerdas.
                                               Kategori AI
Systems that think like
human
Systems that think
rationally
Systems that act like
humans
Systems that act rationally
Bagian utama dari AI adalah Basisi Pengetahuan (fakta,teori, pemikiran, dan hubungan komponen satu dengan yang lain) dan Motor Inferensi (kemampuan menarik kesimpulan). Konsep kecerdasan AI antara lain ; Turing test(pengujian kecerdasan), Pemrosesan Simbolik, Heuristic(strategi proses pencarian), Inferensi (penarikan kesimpulan), dan Pencocokan pola.
                Tujuan dari kecerdasan buatan adalah membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang kecerdasan,sehingga  membuat mesin lebih berguna.
Perbedaan kecerdasan buatan dan kecerdasan alami
Kecerdasan buatan
Kecerdasan alami
Bersifat permanen
Cepat mengalamai perubahan
Lebih mudah diduplikasi dan di transfer
Proses transfer membutuhkan proses yang lama.
Lebih murah
Lebih mahal
Konsisten
Sering berubah
Dapat didokumentasi
Sulit didokumentasi
Lebih cepat
Lebih lampat
Teliti
Kurang teliti
Sejarah AI dimulai dari jaman batu ( 1943 – 1956) yang ditandai awal kerja JST serta ditemukannya teori Logika. Awal antusias, harapan besar (1952 – 1969) munculnya pembelajaran tanpa pengetahuan pembelajaan evolusional, serta pemodelan JST. Massa gelap ( 1966 – 1973) ditahun tahun ini, AI tidak mengalami perkembangan, penemuan tentang pemprosesan bahasa natural dihentikan dan penelitian tentang JST juga dihentikan. Renaissance (1969 – 1979)  perubahan pada paradigma penyelesaian (Dari penyelesaian masalah berbasis searca - based menjadi penyelesaian masalah berbasis pengetahuan) dan terciptanya sistem pakar pertama. Era Industrial (1980 – sekarang) Sukses pertama Sistem Pakar secara komersial, Many AI companies, Eksplorasi dari strategi pembelajaran yang bermacam - macam. Kembalinya neural networks (1986 – sekarang)  penggalian kemabali algorita learning back propagation untuk neural networks yang pertama, dan terciptanya aplikasi yang sukses dari neural networks, Serta macetbya knowledge acquisition. Kematangan (1987 – sekarang) perubahan pada metodolagi penelitian bidang kecerdasan biatan. Agent cerdas ( 1995 – sekarang) realisasi yang pada mulanya dipisahkan dalam sub dari kecerdasan buatan.
Lingkup pakar pada AI ini adalah Sistem Pakar (dapat menyelesaikan masalah), Pengolahan bahasa alami (user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari hari), Pengenalan ucapan (user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara),  robotika dan sistem sensor, computer vision, intellegence computer (Tutor untuk melatih dan mengajar) game playing.
Contoh dari  kecerdasan buatan antara lain :
è AI robot
è Game
è Fitur facebook
è Twitter
è Google PageRank

Tidak ada komentar: